Tips Menggunakan Indikator Bollinger Bands

Bolinger bands merupakan sebagai salah satu teknik untuk mengukur volatilitas dan menentukan arah trend pergerakan harga. Bukan hanya untuk melihat arah trend saja, bahkan indikator Bollinger Bands juga bisa menentukan keadaan jenuh beli (overbought) dan jenuh jual (oversold).

Maka apabla pasar dalam keadaan sideways, sehingga harga bergerak diantara dua band, harus diketahui juga indikator tersebut diciptakan oleh John Bollinger, merupakan technician trader pada tahun 1980.

Elemen Dalam Indikator Bollinger Bands

Maka dalam indikator ini, terdapat sebuah Simple Moving Average (SMA) dengan dua band atau pita yang berada di atas dan di bawah garis SMA. Maka untuk and sebelah atas dinamakan Upper Bollinger Band dan band sebelah bawah dinamakan Lower Bollinger Band.

Upper dan Lower Band itu bisa ditentukan berdasarkan penambahan dan pengurangan nilai SMA dengan standar deviasi. Begitu juga dengan standar deviasi mengukur volatilitas hingga seberapa jauh harga bisa bergerak dari nilai yang sebenarnya (true value). Berikut ini merupakan sebagai Rumusannya:

Upper Band = SMA (n) + k*Standard Deviation (n)

Lower Band = SMA (n) – k*Standard Deviation (n)

n = periode pengukuran (default: 2)

Apabila memperhitungkan pengukuran dalam volatilitas, maka kedua band tersebut akan bergerak sesuai dengan kondisi pasar.

Awalnya teknik ini  ditemukan pada platform trading pada umumnya, termasuk Metatrader4 (MT4) dan Metatrader5 (MT5) dengan parameter default SMA: 20 periode, dan standar deviasi: 2. Untuk menempatkannya, carilah menu Insert >>> Indicators >>> Trend >>> Bollinger Bands.  Setelah diterapkan pada chart, Bollinger Bands tampilannya seperti pada screenshot EUR/USD Daily di bawah ini:

kondisi dinyatakan overboughtterjadi apabila harga telah menyentuh Upper Band, tetapi harga penutupan (Close) masih di bawah Upper Band. Begitu juga dengan kondisi yang dinyatakan oversold apabila harga sudah menyentuh Lower Band, tetapi masih ditutup di atas Lower Band.

Bollinger Bands Sebagai Pengukur Volatilitas

Ukuran volatilitas pasar tampak pada lebar band. Apabila seandainya volatilitas sedang tinggi, maka jarak kedua band akan makin melebar, hal tersebut bisa anda lihat pada gambar di atas disisi kiri. Maka biasanya terjadi ketika perubahan kondisi pasar sideways berubah menjadi kondisi trending. Dengan sebaliknya, apabila volatilitas pasar yang rendah tampak pada jarak kedua band yang makin menyempit, dan biasanya terjadi ketika ada perubahan dari kondisi pasar trending menjadi sideways.

Trading Dengan Bollinger Bands Saat Sideways

Apabla kondisi pasar dalam keadaan sideways, maka open position (entry) bisa dilakukan saat harga telah melewati (menembus) garis SMA-20 dengan target pada level band terdekat (contoh pada gambar di bawah). Aturannya:

  1. Apabila harga menembus level SMA-20 ke arah atas, maka entry dilakukan saat candle ditutup di atas SMA-20 dengan target close position (exit) ketika harga mencapai Upper Band.
  2. Jika harga menembus level SMA-20 ke arah bawah, maka entry dilakukan saat candle ditutup di bawah SMA-20 dengan target close position (exit) ketika harga mencapai Lower Band.

Trading Dengan Bollinger Bands Saat Trending

Secara umum, indikator Bollinger Bands dapat digunakan ketika trading saat kondisi pasar sideways. Namun, bisa juga digunakan saat pasar trending, dengan aturan:

  1. Kondisi uptrend terjadi bila harga telah melewati (menembus) upper band dan harga penutupan berada di luar band.
  2. Kondisi downtrend terjadi bila harga melewati lower band dan ditutup di luar band.

Maka bisa ditentukan dari formasi bar berikutnya. Apabila formasi bar berikutnya benar-benar di luar band, maka trend telah terbentuk. Selain itu, perhatikan juga bahwa pada kondisi trending, kedua band cenderung bergerak melebar.

 

 

 

Informasi mengenai dunia trading silahkan Follow kami:
belajartrading.net
Youtube & Instragram @nodiewakgenk

Modul belajar GRATIS silahkan klik 

 

BelajarTrading.net adalah platform belajar trading binary option dengan harga yang terjangkau dan bergaransi seumur hidup. Cukup sekali bayar, kamu dapat menikmati semua fasilitas dan konsultasi gratis seumur hidup! Tidak hanya itu, disini kamu juga akan bergabung dengan trader lainnya di seluruh Indonesia dalam sebuah grup chat untuk sharing dan berdiskusi. Raih profitmu bersama BelajarTrading.net!

Kantor

Medan, Sumatera Utara

Senin – Jumat | 9:00 – 17:00

Copyright BelajarTrading.net | Web Developed by JasaPromosi.id