Terbongkar! 10 Rahasia yang Bikin Warren Buffett Tajir Melintir

Nama Warren Buffett sudah tidak asing lagi di kalangan dunia investasi pasar modal global. Meski memiliki kekayaan puluhan miliar dolar, tetapi dia tetap memilih hidup sederhana.

Buffett juga sangat handal dalam strateginya berinvestasi cerdas dan mampu bertahan bahkan di masa-masa sulit seperti ini.

Berikut adalah jurus Warren Buffet, pemilik Berkshire Hathaway, yang membuatnya jadi miliuner hebat dunia dilansir Yahoo Finance.

1.Mulailah dengan komunikasi yang baik

Menurut dia, kunci pertama Buffett menuju kesuksesan tidak ada hubungannya dengan memilih saham…hmmmm. Dia mengatakan Anda cukup punya modal menjadi komunikator yang kuat: gunakan kata-kata sebagai alat terpenting.

“Tanpa keterampilan komunikasi yang baik, Anda tidak akan dapat meyakinkan orang untuk mengikuti Anda meskipun Anda melihat dari atas gunung dan mereka tidak,” kata Buffett kepada seorang mahasiswa MBA Stanford.

Ini baik untuk membantu siapa pun mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan kemampuan untuk berpikir dalam situasi yang penuh tekanan.

  1. Lihat ke depan, bukan ke masa lalu

Buffett terkenal dengan kutipan bijaknya di tahun 1950-an bahwa investor saat ini tidak mendapat keuntungan dari pertumbuhan suatu aset investasi kemarin. Dan menurut dia, pepatah itu masih berlaku sampai sekarang.

Menurut Buffett, saat memutuskan apakah akan berinvestasi di sebuah perusahaan, fokuslah pada apa yang ada di masa depan, bukan sejarahnya.

  1. Saat berinvestasi, inovasi

Mengadopsi mentalitas kelompok adalah cara jitu untuk mendapatkan hasil yang lumayan, tapi menurut Buffett. “Anda harus memisahkan pikiran Anda dari orang banyak,” katanya.

Ini sulit, tetapi Anda harus keluar dari kelompok dengan mengembangkan strategi investasi Anda sendiri berdasarkan pengetahuan dan pengalaman Anda. Pada saat yang sama, bersikaplah terbuka terhadap nasihat yang baik, artinya jangan tertutup dengan saran orang khususnya saran yang baik.

  1. Hidup hemat

Buffett terkenal hidup jauh di bawah apa yang dimilikinya. Dia dikenal mengendarai mobil yang lebih tua dan sederhana, padahal dengan status salah satu orang terkaya di dunia, dia bisa membeli mobil premium apa pun.

Dia masih tinggal di rumah yang dia beli di Omaha, Nebraska, seharga US$ 31.500 pada tahun 1958, dan dia membeli sarapan di drive-thru McDonald hampir setiap hari.

Anda dapat mengikuti teladannya dengan mencari cara baru untuk menggunakan uang. Misalnya, saat berbelanja asuransi jiwa, pilih polis asuransi jiwa berjangka yang tidak mahal.

  1. Selalu bersedia mempelajari hal-hal baru

Buffett suka mengatakan bahwa pengetahuan yang terakumulasi itu seperti halnya bunga di bank. Dia memulai setiap hari dengan membaca koran, dan dia membaca buku tentang berbagai topik setiap hari.

Mendapatkan informasi tidak hanya akan memengaruhi investasi Anda, tetapi juga akan mempersiapkan Anda untuk sukses di semua bidang kehidupan. Pelajari apa yang orang lain dapat ceritakan tentang teknologi baru dan strategi baru.

  1. Ketahui kapan harus menjual aset

Jangan salah paham, Buffett memang menjual saham saat dia harus melakukannya. Terlepas dari kesuksesannya secara keseluruhan, dia bertaruh pada banyak ketidakpastian. Trik untuk kesuksesan investasi jangka panjang adalah mengetahui kapan harus melepas aset yang kita miliki, dalam hal ini saham.

Buffett mempelajari hal ini ibarat pemuda yang bertaruh pada pacuan kuda. Dia mencoba menutupi kerugian investasi dengan meningkatkan taruhannya pada instrumen berbeda dan prospektif.

  1. Pikirkan jangka panjang

Beli dan tahan adalah strategi investasi jangka panjang yang umum yang mengharuskan kita bertahan memegang investasi saham tertentu bahkan ketika sedang mengalami hari atau bulan yang buruk.

Pendekatan Buffett mungkin disebut beli dan tahan dan tahan. Seperti yang sering dia katakan kepada pemegang saham Berkshire Hathaway, perusahaan investasi yang dia miliki.

Dia tidak keberatan ketika harga saham jatuh sesekali, tapi bagi dia penurunan harga saham itu adalah peluang bagus untuk membeli lebih banyak saham dengan harga diskon.

  1. Jangan pernah berinvestasi dari uang pinjaman

Saat berinvestasi, gunakan uang Anda sendiri. Buffett mengatakan meminjam itu gila.

“Ini gila mempertaruhkan apa yang Anda miliki dan butuhkan untuk sesuatu yang tidak benar-benar Anda butuhkan,” katanya kepada CNBC.

Jika Anda meminjam untuk berinvestasi, strategi Anda akan terlalu terkait erat dengan kebutuhan Anda untuk membayar kembali uang tersebut. Beberapa investasi membutuhkan perencanaan jangka panjang dan bertahan untuk pertumbuhan, yang sulit dilakukan dengan utang yang menggantung di kepala Anda.

  1. Dividen adalah kunci pertumbuhan jangka panjang

Warren Buffett menyukai saham yang membayar dividen atau keuntungan dari laba bersih yang dibagikan kepada pemegang saham. Perusahaannya, Berkshire Hathaway, mendapat ratusan juta dolar setiap tahun dari Coca-Cola dalam bentuk dividen.

Dividen berasal dari perusahaan andal yang secara konsisten memenuhi atau melampaui tujuan mereka. Saham mereka mungkin tidak menghasilkan banyak uang dengan cepat, tetapi dividen mereka dapat membuat investasi Anda menjadi autopilot.

  1. Ingat, segala risiko mungkin terjadi

Buffett dikenal menjaga dirinya dari potensi risiko dengan apa yang dia sebut “seni instruksional.”

Dalam berinvestasi dan dalam hidup, Anda harus siap karena apa pun bisa terjadi. Jika Anda mengingat hal ini, Anda akan melanjutkan dengan hati-hati dan membuat keputusan yang tepat tentang investasi Anda.

Buffet memiilki kekayaan sebanyak US$ 78,2 miliar atau setara dengan Rp 1.150 triliun (kurs Rp 14.700/US$) per 3 November (data realtime) dan menjadi orang terkaya nomor 4 dunia versi Forbes.

 

 

BelajarTrading.net adalah platform belajar trading binary option dengan harga yang terjangkau dan bergaransi seumur hidup. Cukup sekali bayar, kamu dapat menikmati semua fasilitas dan konsultasi gratis seumur hidup! Tidak hanya itu, disini kamu juga akan bergabung dengan trader lainnya di seluruh Indonesia dalam sebuah grup chat untuk sharing dan berdiskusi. Raih profitmu bersama BelajarTrading.net!

Kantor

Medan, Sumatera Utara

Senin – Jumat | 9:00 – 17:00

Copyright BelajarTrading.net | Web Developed by JasaPromosi.id