Pilar Penting Dalam Trading

Apabila ingin bertrading, maka harus mengatur bagaimana rencana trading itu sendiri, yaitu melalui pendekatan sistematis yang mengatur semua aspek. Maka rencana trading tersebut, terdiri dari tiga system yang bekerja secara simultan dan merupakan pilar utama trading.

Maka system itu mempunyai ketentuan yang telah disepakati sebelumnya (rule set) untuk mengatur objek penunjang trading kita. Sebgaimana yang terlihat dalam diagram di bawah ini:

berikut ini merupakan pilar utama yang bisa menentukan keseluruhan proses dalam trading, yaitu:

  1. Trading system – Hal yang terpenting harus diingat adalah mengenai waktu yang tepat untuk entry dan exit, dengan analisa, serta berdasarkan metode dan strategi.
  2. Money management system – Dengan pilar ini, maka anda harus mampu menentukan besarnya risiko per trade, serta position size sesuai dengan balance dalam akun trading kita.
  3. Emotion management system – Hal ini juga tidak kalah penting, yaitu tentang kemampuan untuk mengelola kondisi psikologis. Sangat penting emosi kita harus stabil dan sudah layak untuk membuka posisi trading.

Apabila emosi yang tidak stabil, maka bisa-bisa anda akan berdampak pada saat kita mengambil keputusan.

Maka dalam hal ini, catatan emosi ini diperlukan bila kita trading sepenuhnya secara manual. Apabila seandainya menggunakan Software trading yang secara otomatis memberikan sinyal-sinyal entry dan exit, maka risiko terjadinya kesalahan eksekusi karena emosi trading bisa dihindari.

Sistem Yang Bagus Menjadi Pilar Utama Trading

Agar terciptanya system trading yang bagus, maka bisa memulai dengan mencatat secara rinci Level entry dan exit yang telah dilakukan, yaitu dengan melihat histori atau catatan riwayat trading (trading log) untuk dievaluasi.

Maka penting untuk dilakukan dan jangan lupakan Evaluasi jangka pendek, sebaiknya dilakukan segera apabila telah selesai trading,  sehingga bisa dilakukan perbaikan atau menambah ide-ide baru jika diperlukan.

Pilar Utama Trading: Money Management System

Mengukur bagaimana persentase risiko yang kita tentukan, harusnya cukup realistis dan sesuai dengan kondisi balance pada saat itu. Hal tersebut tentu saja bisa berubah-ubah sesuai dengan perubahan balance dan probabilitas sinyal trading yang kita peroleh. Selain itu, di sini kita juga bisa menambahkan catatan risk/reward ratio setiap trade pada checklist sistem.

Manajemen Emosi Yang Baik Juga Pilar Utama Trading

Penting juga dilakukan mencatat riwayat emosi kita dalam trading, sehingga kita membaca trading log setelah beberapa kali trade. Apabila evaluasi rutin dilakukan, maka keadaan psikologis saat trading bisa lebih stabil.

Sekarang anda telah mengetahui tentang tiga pila dalam trading, trading merupakan sebagai bisnis, maka rencana trading adalah juga rencana bisnis yang perlu dipersiapkan dengan matang.

 

 

Informasi mengenai dunia trading silahkan Follow kami:
belajartrading.net
Youtube & Instragram @nodiewakgenk

Modul belajar GRATIS silahkan klik 

 

BelajarTrading.net adalah platform belajar trading binary option dengan harga yang terjangkau dan bergaransi seumur hidup. Cukup sekali bayar, kamu dapat menikmati semua fasilitas dan konsultasi gratis seumur hidup! Tidak hanya itu, disini kamu juga akan bergabung dengan trader lainnya di seluruh Indonesia dalam sebuah grup chat untuk sharing dan berdiskusi. Raih profitmu bersama BelajarTrading.net!

Kantor

Medan, Sumatera Utara

Senin – Jumat | 9:00 – 17:00

Copyright BelajarTrading.net | Web Developed by JasaPromosi.id