Bagaimana Mengelola Emosi Dalam Trading

Persoalan trading memang tidak ada habisnya untuk dibahas, namun hal yang perlu diingat bahwa mengatasi rasa emosi dalam trading merupakan hal yang inti, karena apabila emosi lebih besar menguasai diri, maka akan semakin besar pula mendapatkan hasil yang tidak baik.

Mengapa Bisa Emosi Trading Itu Buruk?
Faktor yang menyebabkan emosi ada dua hal, yaitu karena emosi utama yang wajib diwaspadai adalah ketakutan dan keserakahan.
Pastinya bagi setiap trader memiliki harapa agar posisinya mendapatkan keutungan, hal tersebut maka sangan lumrah jika pemula hanya membayangkan skenario terbaiknya saja, maka posisi Entry biasanya dibiarkan berjalan tanpa target profit atau batasan kerugian.

Namun dalam hal lainnya, emosi tersebut yang menyebabkan pemula cepat-cepat menutup posisi, yakni fear . begitu juga disaat harga bergerak searah dengan posisi (skor hijau), sehingga membuat emosi trading menjadi pemula khawatir kalau harga akan berbalik arah, jadi mereka terburu-buru menutup posisi trading untuk melikuidasi keuntungan.

Begitu juga disaat harga bergerak melawan posisi (skor merah), trader pemula karena faktor khawatir akan langsung menutup posisi karena takut mengalami kerugiannya makin membengkak. nyatanya, harga bisa saja hanya bergerak dalam koreksi dan kembali ke arah yang sesuai dengan posisi tradingnya tak lama kemudian.

Maka kebiasaan-kebiasaan buruk di atas jangan diteruskan, Profit tak bisa konsisten, dan loss pun tak dapat dijaga sesuai batas toleransi. Maka apabila terjadi dalam waktu jangka panjang, akun trading bakal terkikis dan kehabisan dana.

Bertrading Itu 1 persen Kecerdasan, 99 persen Manajemen Emosi Trading
Siapa saja bisa untuk bertrading dan tidak ada harus memiliki persyaratakan khusus, artinya, apapun latar belakang pendidikan atau berapapun besar modal Anda, setiap individu memiliki peluang untuk mendapat keuntungan di pasar trading.

Maka setiap orang memiliki peluang untuk mendulang profit, tapi hanya trader berpengalaman saja yang benar-benar bisa menangguk keuntungan secara konsisten, hal tersebut disebabkan karena mampu melakukan manajemen emosi.

Apabila tidak adanya manajemen emosi, maka trading akan selalu dipengaruhi penilaian-penilaian subyektif yang bisa mendatangkan kerugian besar. Bahkan jika dipetakan, manajemen emosi ini menguasai 99 persen yang dibutuhkan dalam trading. Sementara keahlian trading itu sendiri? Hanya mendapat jatah 1 persen saja.

Sistem Trading Membantu Kita Mengatasi Emosi Trading
Siapa pun bisa memiliki dan menggunakan aplikasi trading, tentunya tidak menuntut harus memiliki IQ tinggi, maka penggunaannya bisa menyesuaikan gaya trading dan analisa masing-masing.

Yang dimakasud dengan Intervensi emosi trading di sini , yaitu keterlibatan emosi trader saat berusaha menentukan posisi trading, berdasarkan kondisi pasar terkini. Trader pemula umumnya belum memiliki sistem trading mapan, sehingga mereka sekedar mengeksekusi order Buy atau Sell begitu sinyal trading muncul.

Sehingga apabila posisi trading terkini terlanjur mengakumulasi kerugian, mereka menjadi panik dan tak dapat mengambil keputusan obyektif untuk mengatur berapa besar batas kerugian yang dapat ditoleransi.

Agar tidak terjembak pada hal tersebut, maka perlu mempelajari mengatur emosi trading dengan sistem trading, Berikut adalah komponen-komponen sistem trading:

a. Entry & Exit Rules
Komponen utama dalam sistem trading yaitu Entry Rules atau peraturan-peraturan untuk buka posisi. Panduan ini bertujuan untuk menyaring sinyal-sinyal trading yang muncul dari proses analisa (teknikal atau fundamental).

apabila ada sinyal trading muncul tapi tidak memenuhi peraturan, maka posisi tidak akan dibuka, sekalipun sinyal “tampak” meyakinkan. Namun kata kunci yang harus diingat adalah “tampak” yang mencerminkan subjektivitas.

Kemudian adalah Exit Rules, merupakan peraturan kapan posisi trading sudah boleh ditutup. Exit Rules membantu trader untuk menargetkan keuntungan atau membatasi kerugian dengan Stop Loss tanpa intervensi emosi trading.

b. Money Management Money Management

Merupakan sebagai metode untuk mengukur berapa besar bagian dari modal yang dapat diperdagangkan pada setiap posisi trading. Dengan metode itu , maka sudah bisa diketahui persisbagaimana batas kerugian maksimal seandainya harga bergerak melawan posisi trading atau keuntungan yang akan diraih saat penutupan posisi.

Money Management memungkinkan setiap posisi trading dapat dibiarkan berjalan dengan risiko terkontrol. Maka aturan tersebut sangat membantu Anda mencari target Take Profit dan Stop Loss sebagai bagian dari Exit Rules. sehingga tidak perlu lagi merasakan emosi trading negatif seperti kecemasan saat mengawasi chart terus menerus.

Disiplin Menyingkirkan Pengaruh Emosi Trading
Dalam kenyataanya banyak trader pemula yang berkomitmen menggunakan menggunakan sistem trading untuk menghindari intervensi emosi, tapi masih saja sering mangkir dari aturan-aturan sistemnya.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi emosi trading ketika trader sudah menjalankan sistem:
1. Cobalah untuk menginvestasikan waktu menganalisa rumor pasar, sebelum melakukan transaksi perdagangan. Mengetahui kejelasan arah pasar akan membuat lebih yakin dan tenang.

2. Jangan terlalu overconfident! Lebih baik masuk dengan 1 lot daripada 2 lot jika itu nanti akan membebani pikiran.

3. Jangan terlalu memaksakan diri untuk ikut dalam transaksi, jika tidak yakin dengan arah pergerakan pasar. Lebih baik menunggu atau menunda bertransaksi daripada salah posisi yang mengakibatkan emosi dan psikologi terpengaruh.

4.Saat melihat gejolak harga, jangan panik dan mengikuti pola pikir pasar yang sebenarnya bisa ditebak. Coba gunakan panduan berikut untuk bisa selangkah lebih maju dari pelaku pasar lain yang emosi tradingnya mengikuti pola ini:

5. Usahakan untuk membangun psikologi pemenang! Selalu disarankan untuk bisa menang paling tidak 3 kali dalam perdagangan forex. Hal ini untuk membangun psikologi pemenang (winner), bukan pecundang (loser). Seorang petinju yang menang dalam pertandingan perdananya akan membawa dampak psikologi juara dalam pertandingan berikutnya.

6. Buat target harian, Close posisi jika sudah sesuai target.

7. Selalu kondisikan diri dalam situasi senyaman mungkin di kala masuk market. Manusia dikaruniai 3 keutamaan yang dianugerahkan oleh sang maha pencipta yakni, akal untuk berfikir, hati untuk berdoa, dan waktu. Untuk itu, gunakanlah ketiga anugerah dari Tuhan tersebut sebaik-baiknya.

 

 

Informasi mengenai dunia trading silahkan Follow kami:
belajartrading.net
Youtube & Instragram @nodiewakgenk

Modul belajar GRATIS silahkan klik 

 

BelajarTrading.net adalah platform belajar trading binary option dengan harga yang terjangkau dan bergaransi seumur hidup. Cukup sekali bayar, kamu dapat menikmati semua fasilitas dan konsultasi gratis seumur hidup! Tidak hanya itu, disini kamu juga akan bergabung dengan trader lainnya di seluruh Indonesia dalam sebuah grup chat untuk sharing dan berdiskusi. Raih profitmu bersama BelajarTrading.net!

Kantor

Medan, Sumatera Utara

Senin РJumat | 9:00 Р17:00

Copyright BelajarTrading.net | Web Developed by JasaPromosi.id