Apa Bedanya Trader dan Investor?

Tidak sedikit yang terjadi di pasar trading atau saham, beranggapan kalau dirinya merupakan sebagai investor, namun juga sebaliknya, sebagian ada yang mengaku kalau dirinya seorang trader. Sehingga penggunaan istilah investor dan trader sering dianggap sama, karena seorang trader adalah investor juga karena telah menginvestasikan sejumlah dana, begitu juga dengan investor merupakan trader yang melakukan transaksi trading.

Trading dan investing merupakan sebagai dua hal uang berbeda, meskipun keduanya sama-sama terjun ke pasar. Memiliki sudut pandang, bahkan cara kerja, dan strategi sangat berbeda, meskipun tujuan mereka persis sama, yaitu memperoleh profit yang sebesar-besarnya.

Pengertian Investor

Secara umum, dalam dunia investasi maka investor merupakan orang yang menetapkan dana dalam instrument investasi jangaka panjang, sebagai contoh, real estate (properti), industri skala besar maupun kecil, atau berinvestasi di pasar komoditi atau pasar saham untuk ditahan dalam jangka waktu antara panjang hingga sangat panjang (puluhan tahun).

Investor hanya fokus pada produk yang akan dibeli ataupun jenis usaha usaha yang akan dijalani, seorang investor tentunya akan benar-benar memilih perusahaan yang memiliki performa yang bagus.

Maka investor bisa digolongkan dalam institusi, seperti bank, lembaga keuangan selain bank, perusahaan asuransi, dan lain sebagainya, tetapi tak tertutup juga kemungkinan investor retail atau investor perorangan.

Begitu juag dengan investor perorangan, tidak memiliki rencana yang jelas apabila hasil investasinya rugi, akan cenderung cut-loss untuk beralih ke instrumen investasi lain, atau dibiarkan dengan harapan nilainya akan rebound dan menghasilkan profit di masa mendatang.

Biasanya para investor perorangan menanggapi perubahan besar harga pasar dengan rasa cemas, sebagai contoh, apabila saat harga emas sedang drop, mereka yang invest besar di emas tentu sangat cemas.

Pengertian Trader

Apabila seorang investor hanya berfokus pada fundamental produk yang akan dibeli, tapi seorang trader malah sebaliknya, yaitu berfokus pada sentimen dan kondisi pasar. Maka trader yang berada di pasar saham, kurang memperhatikan performa saham perusahaan yang akan dibeli, apabila sentimen pasar terhadap perusahaan itu positif, maka ia akan membeli sahamnya untuk secepatnya dijual kembali.

Bahkan juga ikut mempertimbangkan kondisi pasar, apabila pasar saham sedang terpukul akibat faktor politik, yang tidak kondusif hingga indeks harga saham turun. Apabila dibandingkan dengan investor, maka transaksi trader sifatnya jangka pendek, dengan frekuensi yang jauh lebih besar.

Berdasarka survey yang pernah dilakukan, tidak sedikit trader mengandalkan pendapatannya hanya dari trading, baik di pasar saham, indeks saham futures, trading, atau komoditi. Pada umumnya trader mempunyai metode, strategi dan rencana yang jelas dan terarah.

Trader yang telah mahir akan masuk ke semua jenis pasar, baik pasar trading, saham, komoditi atau futures. George Soros , pendiri Quantum Funds, adalah contoh salah seorang trader kelas dunia yang sangat sukses.

Perbedaan Trader dan Investor

Berdasarkan dari pembahasan tersebut, maka bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa, ada beberapa perbedaan antara trader dan investor, yaitu investor berfokus pada fundamental suatu asset, kalau trader hanya melakukan transaksi dengan sudut pandang jangka pendek.

 

 

Informasi mengenai dunia trading silahkan Follow kami:
belajartrading.net
Youtube & Instragram @nodiewakgenk

Modul belajar GRATIS silahkan klik 

 

 

BelajarTrading.net adalah platform belajar trading binary option dengan harga yang terjangkau dan bergaransi seumur hidup. Cukup sekali bayar, kamu dapat menikmati semua fasilitas dan konsultasi gratis seumur hidup! Tidak hanya itu, disini kamu juga akan bergabung dengan trader lainnya di seluruh Indonesia dalam sebuah grup chat untuk sharing dan berdiskusi. Raih profitmu bersama BelajarTrading.net!

Kantor

Medan, Sumatera Utara

Senin РJumat | 9:00 Р17:00

Copyright BelajarTrading.net | Web Developed by JasaPromosi.id